HASIL JUMPA REKTORAT 1
TANGGAPAN ASPIRASI OLEH JAJARAN REKTORAT
11 JANUARI 2016
SARANA PRASARANA
·
Gedung
terlihat tua dan usang.
è
Sudah
dilakukan pengecatan ulang 1 tahun yang lalu, jadi untuk tahun ini belum
memungkinkan adanya renovasi gedung
·
Penerangan setiap gedung masih kurang.
è
Untuk
beberapa lokasi strategis minim penerangan akan dilakukan penambahan lampu.
Teman-teman mahasiswa juga diminta untuk bersikap aktif menyalakan lampu pada
jam yang dirasa sudah gelap, dan mematikan lampu jika tidak digunakan demi
menghemat daya
·
Akses
wifi yang sering bermasalah dan terpassword.
è
Pada waktu yang lalu, banyak dilakukan perubahan nama wifi dikarenakan
adanya perbaikan dan upgrade kecepatan wifi. Namun, karena perbaikan
menyebabkan hardware bermasalah maka password log in ke wifi juga terus berganti-ganti.
Untuk permasalahan sosialisasi log in, password wifi dan nama wifi akan segera
dikoordinasikan kepada operator
è
Kemungkinan password log in ke wifi akan berganti ke alamat email (student@unika.ac.id) karena dirasa log in
melalui sintak belum ideal. Namun hal ini belum dipastikan oleh WR I
è
Akses wifi kita adalah 250 MB guys, jadi dirasa sudah cepat memenuhi
kuota mahasiswa. Untuk hal ini,
mahasiswa diminta lebih bijak dalam menggunakan internet. Misalnya saja, tidak
membuka Youtube jika hanya untuk mendengar audio saja J
·
AC di
kelas maupun perpustakaan terasa panas.
è
Untuk
beberapa gedung di UNIKA pergantian AC baru dilakukan 2-3 tahun yang lalu,
sehingga tidak memungkinkan untuk pergantian AC baru. Pergantian AC baru dapat
dilakukan setelah 4 tahun. Untuk hal ini, pihak rektorat akan berkoordinasi
dengan fakultas untuk permasalahan servis AC J
·
Tempat
parkir yang minim dan tidak rapi, serta
tempat parkir yang baru panas atau minim pohon.
è
Untuk
tempat parkir, pihak Rektorat meminta mahasiswa untuk maklum, karena memang
Kampus Unika tidak memiliki tanah yang luas. Namun, pihak Rektorat sudah berupaya untuk membuat Gedung baru (utuk FTP) di lapangan futsal lama sehingga diharapkan
masalah parkir dapat diminimalkan.
· Kurangnya
petugas di tempat parkir guna mempermudah mahasiswa apabila kesulitan dalam
parkir dan meningkatkan keamanan.
è
Tim satpam UNIKA baru saja dilakukan pergantian dan diperbanyak demi
menjaga keamanan, dan ketertiban di lingkungan kampus.
· Jalan
sepanjang UNIKA tidak rata, banyak paving blok yang sudah lepas, serta tralis
selokan di Gedung Yustinus rusak sehingga sering menyebabkan kecelakaan.
è
Permasalahan
paving dan
tralis yang rusak akan segera diperbaiki, namun dalam dekat ini belum memungkinkan
jalan
sepanjang kampus untuk diaspal.
·
Koleksi
buku perpustakaan dirasa kurang dan
tidak adanya fasilitas perpustakaan di setiap fakultas.
è
Pihak
UNIKA memang tidak mengijinkan adanya perpustakaan fakultas karena perpustakaan
pusat sudah memiliki gedung luas untuk fasilitas mahasiswa. Selain itu, persyaratan PTS yang baik
adalah perpustakaan hanya ada di pusat.
è
Perpustakaan
kita sedang dalam tahap transformasi ke digital, dimana semua buku nanti akan digantikan oleh e-book yang lebih praktis dan lebih
mengikuti jaman.
è
Setiap
tahun pihak universitas sudah melakukan penambahan buku untuk setiap fakultas.
Jika mahasiswa membutuhkan buku tertentu, maka mahasiswa dapat mengajukannya ke
pihak fakultas untuk kemudian dimintakan ke universitas J
·
Air
di
toilet sering mati dan minimnya
sabun. Toilet di beberapa gedung kurang terawat.
è
Pihak universitas
akan segera dilakukan sosialisai dengan petugas cleaning
service disetiap gedung,
serta sudah dilakukan
penambahan cleaning service baru di setiap gedung.
è
Teman-teman mahasiswa juga diminta untuk mengingatkan pihak cleaning service J
·
Toilet di gedung HC ada tomcat.
è
Mulai tahun 2016, pihak universitas sudah melakukan kerjasama untuk
adanya integrasi pest control. Untuk
tahun lalu, kebijakan ini hanya difokuskan di asrama saja, namun tahun ini
fokus akan ditambah ke toilet setiap Gedung di UNIKA J
è
Tidak
adanya fasilitas mushola di setiap gedung.
·
Tidak adanya fasilitas mushola di setiap
gedung.
è
Untuk
permasalahan tempat ibadah, mengingat universitas kita adalah Universitas
Katolik, maka tempat ibadah yang tersedia hanya kapel. Biasanya penambahan tempat
ibadah hanya dilakukan jika ada tamu atau
event tertentu.
·
Peralatan
dalam kegiatan perkuliahan ada yang rusak.
è
Pealatan
yang rusak dapat
dituliskan lebih detail (dimana dan apa saja peralatan yang mengalami kerusakan) sehingga pihak universitas dapat segera memperbaiki. Dikarenakan untuk tahun ini pihak universitas
menetapkan standarisasi sarana dan prasaran untuk seluruh fakultas.
·
Fasilitas
di BAU terbatas sehingga mahasiswa sering berebut alat.
è
Pihak
universitas sudah melalukan penambahan fasilitas di BAU seperti kipas angin dan
LCD. Namun, pihak universitas meminta mahasiwa untuk maklum karena peralatan
tidak dapat memenuhi semua kegiatan mahasiswa. Untuk itu, mahasiswa juga
diminta untuk meminjam peralatan dari pihak fakultas J
·
Maintenance terhadap lapangan sporthall kurang.
è
Saat ini sudah dilakukan perbaikan pondasi
untuk Gedung Sporthall. Untuk
kebersihan lapangan
sporthall akan segera
dilakukan sosialisasi kepada cleaning service yang bekerja pada bagian sporthall.
· Lapangan
sporthal terkadang dimultifungsikan dengan kegiatan lain. Contoh: TM PTMB,
kegiatan ASEACCU
sehingga
membuat kebersihan sporthall minim.
è
Tujuan utama gedung ini dibuat adalah untuk digunakan beberapa kegiatan
mahasiswa dengan fokus olahraga. Pihak Rektorat meminta mahasiswa untuk maklum
karena sporthall harus difungsikan untuk PTMB, mengingat UNIKA tidak memiliki tempat layak untuk menampung seluruh
MABA yang ada. J
·
Kawasan
bebas rokok berlakukah?
è
Untuk
ke depan, kawasan bebas rokok tidak hanya berlaku di Gedung Yustinus saja guys,
tapi seluruh gedung di UNIKA. Untuk mengatasi permasalahan ini, maka akan
segera dibangun Smoking Hut, yang akan jadi 2-3 bulan lagi. Kedepannya, teman-teman
mahasiswa diharapkan saling mendukung dan mengkampanyekan gerakan tersebut J
KEGIATAN AKADEMIK
·
KRS
Lemot pada
saat hari H
è
Untuk
sekarang ini, sudah dilakukan pembagian hari KRS untuk setiap fakultas, namun
karena pembagian dianggap masih membuat pelaksaan KRS lemot maka akan dilakukan
kembali pengaturan jadwal yang baik J
·
Sistem penilaian Sintak bermasalah (nilai sudah di input dosen namun di sintak tidak
keluar).
è
Setelah
dosen input nilai, maka nilai akan disetujuai terlebih dahulu oleh Kepala
Progdi, kemudian akan di validasi pihak BAA, baru kemudian nilai akan
dikeluarkan di Sintak. Sehingga
proses input nilai butuh waktu yang lebih J
·
Menu
pembayaran sering bermasalah. Banyak
terjadi sudah membayar tapi di
sintak tertulis belum.
è
Menu
pembayaran di sintak ini masih menggunakan sistem manual guys J, tidak setiap saat sistem terupdate, sehingga jika ada kejadian
seperti itu disebabkan karena sistem belum di update operator.
· Pengisian
AEP terlalu banyak dan merepotkan. AEP terasa tidak berfungsi karena tidak ada
perubahan yang dilakukan dosen.
è
Sosialisasi
mengenai AEP sudah dilakukan pihak universitas lewat Rapat Bidang I. Pada tahun
ini, sistem AEP dikelola oleh pihak LPPP, dimana LPPP akan mengelola AEP yang
masuk dan menindaklanjuti untuk dosen yang banyak mendapat keluhan dari
mahasiswa.
·
Sistem e-learning kurang dimanfaatkan.
è
Pada bulan Februari/Maret akan di launching
sistem e-learning yang
baru, dimana sistem ini akan dilengkapi integrasi buku perpustakaan, aplikasi
anti plagiasi, serta multimedia face to
face chat. Harapannya setelah launching
sistem e-learning yang
baru, perkuliahan di UNIKA menjadi lebih baik J
PENYAMPAIAN INFORMASI
·
Penempelan
poster beasiswa dan informasi hanya berpusat di Gedung Mikael.
è
Untuk
info beasiswa dan informasi lainya sebenarnya sudah bisa dilihat pada web
unika.ac.id atau aplikasi Unika Menyapa mengingat papan informasi sering digunakan
untuk penempelan poster acara, sehingga dirasa kurang efektif dan efisien. Oleh karena itu diharapkan
teman-teman mahasiswa dapat download aplikasi Unika Menyapa atau cek web
sehingga lebih update info lagi J
·
TV UNIKA
tidak menyala di setiap gedung dan terasa useless.
è
Pemanfaatan
TV UNIKA ini sebenarnya membutuhkan bantuan banyak pihak guys J. TV
UNIKA sebenarnya bisa digunakan sebagai media penyebaran informasi setiap acara teman-teman di
fakultas. Untuk pemasangan informasi
di TV UNIKA ini dapat dilakukan melalui Humas Universitas di Gedung Mikael
Lantai 3
è
Diharapkan
teman-teman mahasiswa juga ikut membantu menyalakan setiap TV UNIKA di setiap
fakultas masing-masing supaya TV tidak rusak dan tidak lagi useless. J
·
SMS
UNIKA sudah tidak ada ?
è
Penggunaan SMS UNIKA memang sudah tidak dilakukan karena dianggap tidak
efektif. Kedepannya seluruh informasi akan di broadcast melalui email student@unika.ac.id . Oleh karena itu
teman-teman mahasiswa diminta untuk mengaktifkan email tersebut J
FASILITAS PENYAMPAIAN
· Tidak
adanya sistem peminjaman yang jelas dari BAU. Banyak terjadi miss komunikasi
untuk masalah peminjaman, adaa surat peminjaman yang hilang.
è
Teman-teman
mahasiswa diharapkan untuk selalu memberikan info kepada pihak BAU. Karena
sering terjadi pembatalan peminjaman tidak diinfokan kepada pihak BAU sehingga
sering terjadi miss komunikasi.
è
Selain
itu, teman-teman mahasiswa juga diminta mengembalikan alat yang sudah dipinjam on time sehingga dapat digunakan untuk
acara mahasiswa lainnya J
·
Pelayanan
klinik belum beroperasi secara
maksimal.
è
Klinik
masih dalam tahap transisi karena pembangunan Gedung, namun kedepannya klinik
akan beroperasi maksimal.
KEGIATAN ORMAWA
·
Pencairan
dana dirasa masih lama.
è
Pada dasarnya, proposal yang masuk akan diperiksa terlebih dahulu oleh
UPT (Pak Tik) à ttd WR3 à masuk BAA. Pencairan dana hanya dapat dilakukan
setiap hari Selasa dan Kamis. Pencairan dana yang lama disebabkan karena sistem
transisi pihak UPT dan adanya transisi website ormawa.
·
Penggunaan
website ormawa dirasa kurang efektif. Website tidak dapat digunakan untuk
mengupload file yang besar. Sering terjadinya eror.
è
Untuk
seluruh ormawa , diharapkan untuk segera mengambil proposal dan LPJ yang sudah
di tanda tangan WR3. Selain itu di UPT juga disediakan fasilitas scanner sehingga dapat mempermudah
proses upload file.
è
Upload
LPJ dengan file yang besar dapat diakali dengan pengurangan ukuran foto atau
pengurangan jumlah foto, mengingat website ini masih sistem baru.
TAMBAHAN
·
Univesitas
kita ini memiliki sampah baleho bekas berukuran besar yang banyak teman-teman.
Oleh karena itu, dari pihak universitas ingin melakukan sosialisasi supaya
teman-teman mahasiswa dapat menggunakan baleho bekas tersebut sebagai pengganti
tikar atau keperluan acara ormawa. Penggunaan baleho bekas ini dapat di infokan
ke pihak BAU.
Komentar
Posting Komentar