HASIL JUMPA REKTORAT 1

TANGGAPAN ASPIRASI OLEH JAJARAN REKTORAT

11 JANUARI 2016


SARANA PRASARANA

·       Gedung terlihat tua dan usang.
è Sudah dilakukan pengecatan ulang 1 tahun yang lalu, jadi untuk tahun ini belum memungkinkan adanya renovasi gedung 
·       Penerangan setiap gedung masih kurang.
è Untuk beberapa lokasi strategis minim penerangan akan dilakukan penambahan lampu. Teman-teman mahasiswa juga diminta untuk bersikap aktif menyalakan lampu pada jam yang dirasa sudah gelap, dan mematikan lampu jika tidak digunakan demi menghemat daya 
·       Akses wifi yang sering bermasalah dan terpassword.
è Pada waktu yang lalu, banyak dilakukan perubahan nama wifi dikarenakan adanya perbaikan dan upgrade kecepatan wifi. Namun, karena perbaikan menyebabkan hardware bermasalah maka password log in ke wifi juga terus berganti-ganti. Untuk permasalahan sosialisasi log in, password wifi dan nama wifi akan segera dikoordinasikan kepada operator
è Kemungkinan password log in ke wifi akan berganti ke alamat email (student@unika.ac.id) karena dirasa log in melalui sintak belum ideal. Namun hal ini belum dipastikan oleh WR I
è Akses wifi kita adalah 250 MB guys, jadi dirasa sudah cepat memenuhi kuota mahasiswa.  Untuk hal ini, mahasiswa diminta lebih bijak dalam menggunakan internet. Misalnya saja, tidak membuka Youtube jika hanya untuk mendengar audio saja J
·       AC di kelas maupun perpustakaan terasa panas.
è Untuk beberapa gedung di UNIKA pergantian AC baru dilakukan 2-3 tahun yang lalu, sehingga tidak memungkinkan untuk pergantian AC baru. Pergantian AC baru dapat dilakukan setelah 4 tahun. Untuk hal ini, pihak rektorat akan berkoordinasi dengan fakultas untuk permasalahan servis AC J
·       Tempat parkir yang minim dan tidak rapi, serta tempat parkir yang baru panas atau minim pohon.
è Untuk tempat parkir, pihak Rektorat meminta mahasiswa untuk maklum, karena memang Kampus Unika tidak memiliki tanah yang luas. Namun, pihak Rektorat sudah berupaya untuk membuat Gedung baru (utuk FTP) di lapangan futsal lama sehingga diharapkan masalah parkir dapat diminimalkan.
·    Kurangnya petugas di tempat parkir guna mempermudah mahasiswa apabila kesulitan dalam parkir dan meningkatkan keamanan.
è Tim satpam UNIKA baru saja dilakukan pergantian dan diperbanyak demi menjaga keamanan, dan ketertiban di lingkungan kampus.
·   Jalan sepanjang UNIKA tidak rata, banyak paving blok yang sudah lepas, serta tralis selokan di Gedung Yustinus rusak sehingga sering menyebabkan kecelakaan.
è Permasalahan paving dan tralis yang rusak akan segera diperbaiki, namun dalam dekat ini belum memungkinkan jalan sepanjang kampus untuk diaspal.
·       Koleksi buku perpustakaan dirasa kurang dan tidak adanya fasilitas perpustakaan di setiap fakultas.
è Pihak UNIKA memang tidak mengijinkan adanya perpustakaan fakultas karena perpustakaan pusat sudah memiliki gedung luas untuk fasilitas mahasiswa. Selain itu, persyaratan PTS yang baik adalah perpustakaan hanya ada di pusat.
è Perpustakaan kita sedang dalam tahap transformasi ke digital, dimana semua buku nanti akan digantikan oleh e-book yang lebih praktis dan lebih mengikuti jaman.
è Setiap tahun pihak universitas sudah melakukan penambahan buku untuk setiap fakultas. Jika mahasiswa membutuhkan buku tertentu, maka mahasiswa dapat mengajukannya ke pihak fakultas untuk kemudian dimintakan ke universitas J
·       Air di toilet sering mati dan minimnya sabun. Toilet di beberapa gedung kurang terawat.
è Pihak universitas akan segera dilakukan sosialisai dengan petugas cleaning service disetiap gedung, serta sudah dilakukan penambahan cleaning service baru di setiap gedung.
è Teman-teman mahasiswa juga diminta untuk mengingatkan pihak cleaning service J
·       Toilet di gedung HC ada tomcat.
è Mulai tahun 2016, pihak universitas sudah melakukan kerjasama untuk adanya integrasi pest control. Untuk tahun lalu, kebijakan ini hanya difokuskan di asrama saja, namun tahun ini fokus akan ditambah ke toilet setiap Gedung di UNIKA J
è Tidak adanya fasilitas mushola di setiap gedung.
·        Tidak adanya fasilitas mushola di setiap gedung.
è Untuk permasalahan tempat ibadah, mengingat universitas kita adalah Universitas Katolik, maka tempat ibadah yang tersedia hanya kapel. Biasanya penambahan tempat ibadah hanya dilakukan jika ada tamu atau event tertentu.
·       Peralatan dalam kegiatan perkuliahan ada yang rusak.
è Pealatan yang rusak dapat dituliskan lebih detail (dimana dan apa saja peralatan yang mengalami kerusakan) sehingga pihak universitas dapat segera memperbaiki. Dikarenakan untuk tahun ini pihak universitas menetapkan standarisasi sarana dan prasaran untuk seluruh fakultas. 
·       Fasilitas di BAU terbatas sehingga mahasiswa sering berebut alat.
è Pihak universitas sudah melalukan penambahan fasilitas di BAU seperti kipas angin dan LCD. Namun, pihak universitas meminta mahasiwa untuk maklum karena peralatan tidak dapat memenuhi semua kegiatan mahasiswa. Untuk itu, mahasiswa juga diminta untuk meminjam peralatan dari pihak fakultas J
·       Maintenance terhadap lapangan sporthall kurang.
è  Saat ini sudah dilakukan perbaikan pondasi untuk Gedung Sporthall. Untuk kebersihan lapangan sporthall akan segera dilakukan sosialisasi kepada cleaning service yang bekerja pada bagian sporthall.
·     Lapangan sporthal terkadang dimultifungsikan dengan kegiatan lain. Contoh: TM PTMB, kegiatan ASEACCU sehingga membuat kebersihan sporthall minim.
è Tujuan utama gedung ini dibuat adalah untuk digunakan beberapa kegiatan mahasiswa dengan fokus olahraga. Pihak Rektorat meminta mahasiswa untuk maklum karena sporthall harus difungsikan untuk PTMB, mengingat UNIKA tidak  memiliki tempat layak untuk menampung seluruh MABA yang ada. J

·       Kawasan bebas rokok berlakukah?
è Untuk ke depan, kawasan bebas rokok tidak hanya berlaku di Gedung Yustinus saja guys, tapi seluruh gedung di UNIKA. Untuk mengatasi permasalahan ini, maka akan segera dibangun Smoking Hut, yang akan jadi 2-3 bulan lagi. Kedepannya, teman-teman mahasiswa diharapkan saling mendukung dan mengkampanyekan gerakan tersebut J

KEGIATAN AKADEMIK

·       KRS Lemot pada saat hari H
è Untuk sekarang ini, sudah dilakukan pembagian hari KRS untuk setiap fakultas, namun karena pembagian dianggap masih membuat pelaksaan KRS lemot maka akan dilakukan kembali pengaturan jadwal yang baik J
·       Sistem penilaian Sintak bermasalah (nilai sudah di input dosen namun di sintak tidak keluar).
è Setelah dosen input nilai, maka nilai akan disetujuai terlebih dahulu oleh Kepala Progdi, kemudian akan di validasi pihak BAA, baru kemudian nilai akan dikeluarkan di Sintak. Sehingga proses input nilai butuh waktu yang lebih J
·       Menu pembayaran sering bermasalah. Banyak terjadi sudah membayar tapi di sintak tertulis belum.
è Menu pembayaran di sintak ini masih menggunakan sistem manual guys J, tidak setiap saat sistem terupdate, sehingga jika ada kejadian seperti itu disebabkan karena sistem belum di update operator.
·    Pengisian AEP terlalu banyak dan merepotkan. AEP terasa tidak berfungsi karena tidak ada perubahan yang dilakukan dosen.
è Sosialisasi mengenai AEP sudah dilakukan pihak universitas lewat Rapat Bidang I. Pada tahun ini, sistem AEP dikelola oleh pihak LPPP, dimana LPPP akan mengelola AEP yang masuk dan menindaklanjuti untuk dosen yang banyak mendapat keluhan dari mahasiswa.
·       Sistem e-learning kurang dimanfaatkan.
è Pada bulan Februari/Maret akan di launching sistem e-learning yang baru, dimana sistem ini akan dilengkapi integrasi buku perpustakaan, aplikasi anti plagiasi, serta multimedia face to face chat. Harapannya setelah launching sistem e-learning yang baru, perkuliahan di UNIKA menjadi lebih baik J


PENYAMPAIAN INFORMASI

·       Penempelan poster beasiswa dan informasi hanya berpusat di Gedung Mikael.
è Untuk info beasiswa dan informasi lainya sebenarnya sudah bisa dilihat pada web unika.ac.id atau aplikasi Unika Menyapa mengingat papan informasi sering digunakan untuk penempelan poster acara, sehingga dirasa kurang efektif dan efisien. Oleh karena itu diharapkan teman-teman mahasiswa dapat download aplikasi Unika Menyapa atau cek web sehingga lebih update info lagi J
·       TV UNIKA tidak menyala di setiap gedung dan terasa useless.
è Pemanfaatan TV UNIKA ini sebenarnya membutuhkan bantuan banyak pihak guys J. TV UNIKA sebenarnya bisa digunakan sebagai media penyebaran informasi setiap acara teman-teman di fakultas. Untuk pemasangan informasi di TV UNIKA ini dapat dilakukan melalui Humas Universitas di Gedung Mikael Lantai 3
è Diharapkan teman-teman mahasiswa juga ikut membantu menyalakan setiap TV UNIKA di setiap fakultas masing-masing supaya TV tidak rusak dan tidak lagi useless. J
·       SMS UNIKA sudah tidak ada ?
è Penggunaan SMS UNIKA memang sudah tidak dilakukan karena dianggap tidak efektif. Kedepannya seluruh informasi akan di broadcast melalui email student@unika.ac.id . Oleh karena itu teman-teman mahasiswa diminta untuk mengaktifkan email tersebut J

FASILITAS PENYAMPAIAN

· Tidak adanya sistem peminjaman yang jelas dari BAU. Banyak terjadi miss komunikasi untuk masalah peminjaman, adaa surat peminjaman yang hilang.
è Teman-teman mahasiswa diharapkan untuk selalu memberikan info kepada pihak BAU. Karena sering terjadi pembatalan peminjaman tidak diinfokan kepada pihak BAU sehingga sering terjadi miss komunikasi.
è Selain itu, teman-teman mahasiswa juga diminta mengembalikan alat yang sudah dipinjam on time sehingga dapat digunakan untuk acara mahasiswa lainnya J
·       Pelayanan klinik belum beroperasi secara maksimal.
è Klinik masih dalam tahap transisi karena pembangunan Gedung, namun kedepannya klinik akan beroperasi maksimal.


KEGIATAN ORMAWA

·       Pencairan dana dirasa masih lama.
è Pada dasarnya, proposal yang masuk akan diperiksa terlebih dahulu oleh UPT (Pak Tik) à ttd WR3 à masuk BAA. Pencairan dana hanya dapat dilakukan setiap hari Selasa dan Kamis. Pencairan dana yang lama disebabkan karena sistem transisi pihak UPT dan adanya transisi website ormawa.
·       Penggunaan website ormawa dirasa kurang efektif. Website tidak dapat digunakan untuk mengupload file yang besar. Sering terjadinya eror.
è Untuk seluruh ormawa , diharapkan untuk segera mengambil proposal dan LPJ yang sudah di tanda tangan WR3. Selain itu di UPT juga disediakan fasilitas scanner sehingga dapat mempermudah proses upload file.
è Upload LPJ dengan file yang besar dapat diakali dengan pengurangan ukuran foto atau pengurangan jumlah foto, mengingat website ini masih sistem baru.


TAMBAHAN

·       Univesitas kita ini memiliki sampah baleho bekas berukuran besar yang banyak teman-teman. Oleh karena itu, dari pihak universitas ingin melakukan sosialisasi supaya teman-teman mahasiswa dapat menggunakan baleho bekas tersebut sebagai pengganti tikar atau keperluan acara ormawa. Penggunaan baleho bekas ini dapat di infokan ke pihak BAU. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMILU BEMU DAY 2018

LAHAN PARKIR PART 2

LAHAN PARKIR TALUD